Tuesday 6 January 2015

Filled Under: , ,

Kenalan sama Java yuk || tanyaDede.com


Java, sebagai mahasiswa IT sudah tentu kita pasti mengenal bahasa pemprograman java, bahasa ini merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di bidang IT. oleh karena itu sebagai lulusan IT bisa dibilang wajib untuk menguasai bahasa pemprograman yang satu ini. langsun aja gan :D
Apakah Java itu ? Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Sun Microsystem, suatu perusahaan yang terkenal dengan Workstation UNIX high-end.
Sejak dirilis pada tahun 1995, bahasa pemrograman Java dengan cepat memperoleh popularitas di kalangan para pemrogram. Keberhasilan ini disebabkan teknologi baru yang diperkenalkan Sun Microsystems yaitu Java Virtual Machine (JVM), yang memungkinkan sebuah aplikasi dijalankan di atas platform apa saja sepanjang pada mesin tersebut dipasang JVM.
Program yang dihasilkan dengan bahasa Java dapat berupa applet (aplikasi kecil yang berjalan di atas web browser) maupun berupa aplikasi mandiri yang dijalankan dengan program Java Interpreter. Contoh program yang ditulis dengan bahasa Java adalah HotJava yang berupa sebuah web browser.

Karakteristik Java
Java adalah sebuah bahasa pemrograman berorientasi obyek murni. Jadi program – program Java berada dalam sebuah struktur kelas – kelas dan obyek – obyek. Pada dasarnya sintaks pada bahasa Java mirip dengan sintaks pada bahasa C atau C++. Java bertipe kuat (strongly-typed). Ini berarti semua tipe data terikat secara statis atau dengan kata lain setiap nama variabel diasosiasikan dengan sebuah tipe data tunggal yang dikenali pada saat kompilasi.
Ciri utama dari program Java adalah :
  • JVM (Java Virtual Machine)
  • Garbage Collection
  • Code Security
Keuntungan dan Kelemahan dari Java
  1. Java merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP).
  2. Memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi dan program Java bersifat modular serta kode dapat digunakan kembali.
  3. Java relatif lebih mudah untuk dipelajari.
  4. Java lebih sederhana, karena telah menghilangkan beberapa fitur dari C++ yang membingungkan dan sukar untuk dipelajari.
  5. Java memiliki kinerja yang tinggi dan handal.
  6. Java dapat dipergunakan sebagai penterjemah sehingga dapat digunakan pada lingkungan komputer jenis apapun tanpa merubah kode program kembali.
  7. Java memiliki tingkat keamanan yang sangat baik.
  8. Multithreading, sehingga program java dapat melakukan beberapa perintah (program) sekaligus.
Java Platform terdiri dari tiga buah profle :
  • Java ME (Java Micro Edition) adalah java yang bisa berjalan di dalam embedded system seperti Java Card dan Handphone.
  • Java SE (Java Standard Edition) adalah java yang bisa berjalan di dalam PC maupun server sebagai aplikasi standalone maupun aplikasi desktop.
  • Java EE (Java Enterprise Edition) adalah profle java yang ditujukan untuk membuat aplikasi Enterprise seperti Web Application (Servlet) dan Enterprise Java Bean (EJB).
Instalasi platform Java terdiri dari dua paket aplikasi. Paket yang pertama adalah JRE (Java Runtime Environment), paket ini terdiri dari semua aplikasi yang dibutuhkan agar sebuah aplikasi Java bisa berjalan, seperti library dan JVM (Java Virtual Machine). Paket kedua adalah JDK (Java Development Kit), paket ini terdiri dari JRE dan ditambah dengan perkakas untuk membuat aplikasi Java seperti java compiler (javac), java documentation (javadoc) dan java archive (jar).
Fase – fase Pemrograman JAVA

Fase dari sebuah Program Java
Langkah pertama dalam pembuatan sebuah program berbasis Java adalah menuliskan kode program pada text editor. Contoh text editor yang dapat digunakan antara lain : notepad, vi, emacs dan lain sebagainya. Kode program yang dibuat
kemudian tersimpan dalam sebuah berkas berekstensi .java.
Setelah membuat dan menyimpan kode program, kompilasi file yang berisi kode program tersebut dengan menggunakan Java Compiler. Hasil dari kompilasi berupa berkas bytecode dengan ekstensi .class.
Berkas yang mengandung bytecode tersebut kemudian akan dikonversikan oleh Java Interpreter menjadi bahasa mesin sesuai dengan jenis dan platform yang digunakan.
ProsesToolsHasil
Menulis kode programText editorBerkas berekstensi .java
Kompilasi programJava CompilerBerkas berekstensi .class
(Java Bytecodes)
Menjalankan programJava InterpreterProgram Output
semoga bermanfaat gan XD malem ini sampe sini dulu dah yak, ane ngantuk. nanti kalo ada update an nya pasti langsung ane post hehe
regards,

Dede
source:

14 komentar:

  1. Mantap dah! Kebeneran lagi ada matkul java, semoga update tentang ginian terus gan

    ReplyDelete
  2. Java memang basic dari hampir semua software dan bahasa pemrograman gan

    ReplyDelete
  3. saya belum pernah belajar bahasa java gan, kalo c/c++ sudah

    ReplyDelete
  4. Wahh makin tahu informasi nya nih

    ReplyDelete
  5. mantap gan buat nambah wawasan

    ReplyDelete
  6. Keren Gan, Tapi Lebih Keren Bahasa Al-qur'an dan itu harus saya kuasai .. Nice Topik

    ReplyDelete
  7. nice artikel ... bermanfaat gan, menambah pengetahuan ane.. :) thanks yak..

    ReplyDelete
  8. mantab dah, lumayan nambah ilmu :D

    ReplyDelete
  9. Mantap gann.. makasih banyak infonya

    ReplyDelete
  10. Wah ternyata ada juga ya versi lain dari java, ane taunya j2Me doang

    ReplyDelete