Friday 9 January 2015

Filled Under: , ,

review tokopedia || tanyadede.com

Untuk melakukan review pada sebuah website biasanya saya memakai 3 point penilaian yaitu


1. ruang lingkup E-commerce masuk ke mana? (B2B, B2C,C2C,C2B)
2. manfaat bagi perusahaan dan masyarakat terhadap website E-commerce tersebut & tantangan apa saja yang dihadapinya
3. klasifikasi Model bisnis E-commerce yang mana?
jawab

sebelum mulai menjawab, saya ingin menjelaskan kembali tentang ecommerce, ecommerce adalah sebuah sistem atau cara berdagang dengan bantuan media elektronik.diindonesia banyak sekali e commerce yang mulai tumbuh dan berkembang dengan pesat, salah satunya adalah tokopedia.com
kali ini saya mencoba untuk menjelaskan tentang salah satu website E-commerce yaitu www.tokopedia.com. berikut tampilan startup nya

pada start up tersebut terlihat kotak merah yang saya buat, tokopedia pada startup page nya sangat user friendly dan membantu memudahkan pengunjung untuk mencari produk yang ada di website tersebut dengan menampilkan kategori dan pada startup tersebut juga menampilkan "Hot Item" yaitu produk yang laris di tokopedia tersebut
1. menurut saya website tokopedia tersebut kedalam ruang lingkup C2C (customer to customer) karena pada dasarnya tokopedia ini tidak menjual barang apapun dalam website nya. tokopedia hanya memberikan sebuah tempat untuk para pedagang online berjualan. sehingga sesuai tagline mereka tokopedia merupakan mall ecommerce pertama dan terbesar diindonesia. 

2.>>manfaat bagi perusahaan dengan adanya e commerce tersebut bisa dibilang cukup banyak. dengan adanya website tersebut perusahaan bisa mendapat investor asing yang cukup banyak bahkan beberapa bulan lalu tokopedia mendapat suntikan dana 100 juta dolar dari softBank Internet and media sequoia capital
>>manfaat untuk masyarakat tentunya semakin banyak lagi, seperti yang kita tau, perkembangan bisnis e-commerce di indonesia sangat luarbiasa, bahkan menurut data statistik dari google, omset e commerce indonesia mencapai $8 milyar dolar ini berarti pasar ecommerce di indonesia mulai banyak dinikmati dan diterima oleh masyarakat indonesia. sehingga dengan adanya tokopedia ini, ini berarti tokopedia membantu orang atau masyarakat untuk bisa mendapatkan uang juga dari internet. bisa dibilang tokopedia mengurangi angka pengangguran
menambahkan pendapatan perkapita suatu daerah
membantu memasarkan produk penjual online danmasih banyak lagi
Namun, tantangan yang akan dihadapi tokopedia  yaitu
a) masyarakat indonesia masih suka berbelanja online dengancara konvensional. contohnya walaupun mereka melihat barang2 yang ditampilkan secara online mereka masih banyak sekali yang menginginkan untuk COD (cash on delivery) atau sekedar ketemuan untuk melihat barang yang akan mereka beli. mungkin terlihat sepele namun tetap saja mengurangi produktiitas dari wktu yang di gunakan. mungkin terlihat mudah untuk pemain ecommerce tingkat bawah. namun untuk kalangan profesional ini sangat tidak efektif dan menghambat laju pertumbuhan ekonomi
b) terbatasnya layanan pembayaran untuk ecommerce di indonesia
sesungguhnya potensi untuk ecommerce diindonesia sangat besar namun alat pembayaran di indoensia masih sangat sulit. di indonesia kita bisa melakukan pembayaran padahal untuk website luarnegeri banyak sekali sistem pembayaran untuk ecommerce seperti paypal, payza, bahkan amazon voucher.
c) masih kurangnya sistem logistik di indonesia
sebagai pedagang online pasti kaian pernah mendapatkan komplain tentang lamanya pengiriman. dan benar sistem logistik diindonesia masih kurang cepat dan tepat menjangkau sasaran. dikarenakan banyak jalan kita yang masih rusak. pungli beredar dimana mana dan masih banyak lagi faktor yang menghambat pengiriman logistik.
d) leletnya internet di indonesia.
mungkin terlihat sepele, namun ternyata leletnya internet di indonesia bisa menghambat laju pertumbuhan ecommerce di indonesia. menurut data yang dimiliki rio inaba ceo rakuten. penjualan terbesar ecommerce terjadi pada jam istirahat kantor hingga pukul 3 sore. hal ini dikarenakan mereka menggunakan akses wifi atau akses internet hanya pada saat mereka berkerja. dan sangat menurun pada malam harinya dikarenakan sulitnya koneksiinternet dirumah mereka.
3. menurut saya, tokopedia.com termasuk model bisnis ecommerce e-exchannge
dikarenakan di tokopedia berkumpul banyak pembeli dan penjual yang bisa saling bertransaksi di website ecomerce tersebut. tokopedia hanya menyediakan tempat untuk mereka bertransaksi dan membantu mereka dalam kenyamanan serta keamanan untuk bertansaksi. hal ini tokopedia lakukan dengan menjadi pihak ketiga yang menjaga keamanan transaksi dengan sistem rekber (rekening bersama). dengan sistem kerja sebagai berikut
buyer mentransfer uang ke rekening tokopedia>>tokopedia memneritahukan seller untuk mengirim produk>> buyer menerima produk sesuai pesanan>> buyer konfirmasi penerimaan produk>>tokopedia mengirim uang ke rekening seller.
apabila ada yg kurang sreg atau kurang sesuai mohon dibetulkan di komentar terimakasih :D
regards


dede

7 komentar:

  1. makasih sob, nambah ilmu buat belanja online :)

    ReplyDelete
  2. yang ini (B2B, B2C,C2C,C2B) maksudnya gimana ya sob...mohon penjelasannya

    ReplyDelete
  3. menambah pengetahuan gue sob buat bantuin om jualan laptop

    ReplyDelete
  4. http://animassoft.blogspot.com/2016/08/is-magic-pembuat-pokemon-go-meraup.html

    http://animassoft.blogspot.com/2016/08/cara-melaporkan-user-curang-pokemon-go.html

    http://animassoft.blogspot.com/2016/08/realese-update-new-pokemon-go-for-jealy.html

    http://animassoft.blogspot.com/

    ReplyDelete